Rabu, 26 Februari 2014

tugas semantik 2

Nama kelompok:

1.      Chintya Ika Hapsari

2.      Siti Rohmatun


kelas 6e


Judul ADJEKTIVA BAHASA MELAYU RIAU DIALEK TEBERAU PANJANG KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI.
Oleh : Riki Zulkarnain
Npm : 086211612

FKIP UIR


PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA





Latar Belakang



Bahasa merupakan alat komunikasi yang dimiliki oleh manusia untuk berinteraksi, baik secara lisan maupun tulisan. Chaer (2004:11) menyebutkan “bahasa adalah sebuah sistem, artinya bahasa itu dibentuk oleh sejumlah komponen yang berpola secara tepat dan dapat dikaidahkan”. Bahasa di Indonesia sangat luas wilayah pemakaiannya dan berbagai macam penuturnya. Hal itu disebabkan oleh banyaknya daerah yang mempunyai cirri dan tuturan yang berbeda yang dikenal oleh istilah logat atau dialek. Bahasa atau dialek yang terdapat didaerah berbeda-beda. Perbedaan bahasa dapat ditemui pada tuturannya dan strukturnya. Selanjutnya bahasa yang terdapat didaerah-daerah memiliki keunikan masing-masing.



Bahasa melayu Riau dialek Teberau panjang adalah bahasa yang digunakan masyarakat desa teberau panjang untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bahasa melayu riau dialek teberau panjang menjadi bahasa pemersatu bagi penuturnya. Selanjutnya, bahasa melayu Riau dialek Teberau Panjang merupakan asset, warisan kebudayaan daerah dan memiliki fungsi yang sangat penting bagi penuturnya.



Penulis sangat tertarik untuk meneliti adjektiva bahasa melayu Riau dialek teberau panjang, karena adjektiva bahasa melayu riau dialek teberau panjang itu sangat unit. Selanjutnya penulis ingin mengetahui lebih lanjut tentang jenis adjektiva bahasa melayu Riau dialek Teberau panjang dan memperkenalkan adjektiva bahasa melayu riau dialek teberau panjang serta mendokumentasikannya dalam upaya pengembangan ilmu kebahasaan, karena pada dasarnya bahasa melayu Riau dilek teberau panjang tidak memiliki tradisi tulisan. Namun, mempunyai peran yang sangat penting bagi masyarakat penuturnya dan sangat perlu dikembangkan.

Status peneliti pada penelitian ini merupakan penelitian lanjutan. Penelitian ini pernah diteliti oleh Erni Maswati FKIP UNRI tahun 2006 dengan judul Penelitian adjektiva bahasa melayu Riau dialek buluh cina kecamatan siak hulu kabupaten Kampar. Selanjutnya, Zupiarni FKIP UNRI 2011 dengan judul adjectival bahasa melayu Riau sub dialek sungai jalau kecamatan Kampar Utara kabupaten Kampar.

Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah memperdalam pengetahuan tentang adjektiva bahasa melayu riau dialek teberau panjang kecamatan gunung toar kabupaten kuantan singing dan menambah wawasan bagi peneliti sendiri maupun orang lain. Manfaat praktisnya adalah penelitian ini dapat bermanfaat sebagi pengembangan bahasa Indonesia dan memperkaya data bidabg linguistik.  


Masalah


1.      Apa sajakah jenis adjektiva bahasa melayu Riau dialek Teberau Panjang dari perilaku semantisnya?


2.      Apa sajakah jenis adjektiva bahasa melayu Riau dialek Teberau Panjang dari segi bentuknya?


Tujuan

1.      Untuk mengetahui jenis adjektiva bahasa melayu Riau dialek Teberau Panjang dari perilaku semantisnya

2.      Untuk mengetahui jenis adjektiva bahasa melayu Riau dialek Teberau Panjang dari segi bentuknya







Teori
            Penulis menggunakan teori para ahli yang sesuai dengan permasalahannya dalam penelitian ini, yaitu tentang adjektiva dari segi perilaku semantisnya. Teori-teori tersebut adalah:

1.      Pengertian adjektiva

2.      Ciri-ciri adjektiva

3.      Jenis adjektiva

Teknik Penelitian

1.      Observasi
2.      Wawancara
3.      Rekaman
4.      Pencatatan

Teknik analisis data
1.      Data dalam bentuk rekaman ditranskripsikan dari bentuk lisan kebentuk tulisan.
2.      Data diseleksi dan dikelompokkan sesuai dengan masalah penelitian

3.      Peneliti melakukan analisis data terhadap permasalahan kedua
4.      Peneliti selanjutnya melakukan interpretasi


Hasil

1.      Adjektiva bahasa melayu Riau Dialek Teberau Panjang dari perilaku semantisnya terdiri dari dua jenis yaitu adjektiva bertaraf dan adjektiva tak bertaraf. Adjektiva bertaraf terbagi tujuh yaitu, a. adjektiva pemeri sifat, b. adjektiva ukuran, c. adjektiva warna, d. adjektiva waktu, e. adjektiva jarak, f. adjektiva adjektiva sikap batin, g. adjektiva serapan.

2.      Djektiva dari segi bentuknya terbagi dua yaitu, adjektiva dasar dan adjektiva turunan terbagi empat yakni, a. adjektiva hasil pengaktifan prefiks [sa] dan [ta], b. adjektiva bentuk berulang, c. adjektiva gabungan sinonim dan antonym, dan adjektiva majemuk.

Kesimpulan

            Adjektiva bahasa melayu Riau dialek Teberau Panjang dari segi perilaku semantisnya

1.      Adjektiva bertaraf

Terdiri atas;

a.       Adjektiva pemeri sifat

b.      Adjektiva ukuran

c.       Adjektiva warna

d.      Adjektiva waktu

e.       Adjektiva jarak

f.       Adjektiva sikap batin

g.      Adjektiva serapan

h.      Adjektiva tak bertaraf

2.      Adjektiva dari segi bentuknya

a.       Adjektiva dasar

b.      Adjektiva turunan

1.      Adjektiva hasil pengakfisan prefiks

2.      Adjektiva bentuk ulang

3.      Adjektiva gabungan sinonim atau antonym

4.      Adjektiva majemuk
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar