Jumat, 06 Juni 2014

diskusi



Nama : Siti Rohmatun
Kelas  : 6E
Tugas : semantik
1.      Apakah ada perbedaan makna referensial dan nonreferensial?
2.      Mengapa makna afektif lebih terasa lisan dari pada tulisan?
3.      Jelaskan makna stilistika!
4.      Jelaskan perbedaan yang mendasar idiom penuh dan makna idiom sebagian!
5.      Jelaskan perbedaan idiomatikal dan pribahasa!
6.      Jelaskan perbedaan makna istilah dan makna kata!
7.      Jelaskan maksud yang sama antara idiom, ungkapan dan metafora!
8.      Jelaskan makna leksikal dan makna denotatif!
9.      Jelaskan makna konotatif dapat berubah dari waktu kewaktu?
10.  Jelaskan makna kolokatif!
Jawab:
1. makna referensial yaitu sesuatu diluar bahasanya yang diacu oleh kata itu, contoh meja dan kursi , sedangkan makna nonreferensial yaitu kata-kata yang tidak mempunyai referen, contoh karena dan tetapi.
2. karena berkenaan dengan perasaan pembicara pemakai bahasa secara pribadi,baik terhadap lawan bicara maupun terhadap objek yang dibicarakan.
3. makna stilistika yaitu makna yang berkenaan dengan gaya pemilihan kata sehubungan dengan adanya perbedaan sosial dan bidang kegiatan di dalam masyarakat. Sedangkan stilistika itu sendiri yaitu ilmu yang mempelajaraitentang bahasa didalam karya sastra.
4. idiom penuh yaitu idiom yang unsur-unsurnya secara keseluruhan sudah merupakan satu kesatuan dengan satu makna, misalnya membanting tulang, sedangkan idiom sebagian yaitu masih ada unsur yang memiliki makna leksikal, misalnya daftar hitam.
5. idiomatikal yaitu makna sebuah satuan bahasa yang menyimpang dari makna leksikal atau gramatikal unsur-unsur pembentuknya sedangkan pribahasa maknanya dapat diramalkan karena pribahasa bersifat memperbandingkan atau mengumpamakan maka lazim juga disebut dengan nama pengumpamaan.
6. makna kata yaitu masih bersifat umum sedangkan makna istilah bersifat sudah pasti.
7. idiom jika dilihat dari segi makna yaitu “menyimpangnya” makna idiom dari makna leksikal dan makna gramtikal unsur-unsur pembentuknya, ungkapan jika dilihat dari segi ekspresi kebahasaan yiatu dalam usaha penutur untuk menyampaikan pikiran, perasaan, dan emosinya dalam bentuk-bentuk satuan bahasa tertentu yang dianggap paling tepat, sedangkan metafora jika dilihat dari segi digunakannya sesuatu untuk membandingkan yang lain dari yang lain.
8. makna leksikal yaitu makan yang sesuai dengan referennya sedangkan makna denotatif yaitu makna  yang sesuai dengan hasil observasinya atau makna sebenarnya.
9. karena untuk memperhalus pemakaian bahasa. Oleh karena itu setiap kata dibentuk dengan istilah baru untuk mengganti istilah lama yang dianggap berkonotasi negatif.
10. makna kolokatif adalah berkenaan dengan makna kata dalam kaitannya dengan makna  kata lain yang mempunyai “ tempat” yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar